Polres KepTan Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Salawaku 2022 - TV BERITA INDONESIA

Akurat Terpercaya dan Inspiratif

BREAKING NEWS

Senin, 13 Juni 2022

Polres KepTan Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Salawaku 2022

Maluku, Tv Berita Infonesia - Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Tanimbar (KepTan) melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Kepolisian dengan Sandi 'Patuh Salawaku 2022', bertempat di Lapangan Apel Polres Kepulauan Tanimbar sekira pukul 15:00 WIT. Senin (13/6/2022).


Adapun tema dalam giat tersebut, bertemakan "Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa" yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kepulauan Tanimbar, AKBP Umar Wijaya, S.I.K.


Peserta apel gelar pasukan Ops Patuh Salawaku 2022 dalam giat, terdiri dari 1 SST pers Sat Lantas Polres KepTan dan 1 SST Pers Gabungan Staf Polres KepTan.


Turut hadir dalam giat, antara lain Wakapolres KepTan, Kompol Hendra Y.P.Haurissa, S.H., Kabag Ops Polres KepTan, AKP Jufernalis Samangun,., Kabag Ren Polres KepTan, Kompol Marthinus Uwaubun., Kabag SDM Polres KepTan, AKP Mustafa Kamal, S.Sos., Kabag Logistik Polres KepTan, AKP Ajub Taroreh., Plh. Kasiwas Polres KepTan, Iptu J. Samponu., dan Kanit Regident Sat Lantas Polres KepTan, Ipda Fridolin Barry Hulkyawar.


Melalui susunan acara dalam giat, amanat Kapolda Maluku yang dibacakan oleh Kapolres KepTan, menyampaikan apel gelar pasukan ini dalam rangka cipta kondisi kamseltibcar Lantas menjelang Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022 ditengah pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19) diwilayah hukum Polda Maluku.


Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa permasalahan dibilang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan sangat cepat dan dinamis.


Hal ini sebagai konsekuensi meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi jumlah penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi hidupnya.


Guna memberi solusi atas permasalahan tersebut diatas, pengemban fungsi operasional Polri telah menetapkan kalender operasi patuh, yang kali ini dilaksanakan menjelang Hari Ulang Tahun Bhayangkara Ke-76 Tahun 2022, dengan tema Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa.


Operasi Patuh Salawaku Tahun 2022 ini, merupakan salah satu upaya Polri dalam rangka meningkatkan kepatuhan masyarakat, yang dilaksanakan dengan melalui pendekatan preemtif dan preventif terutama dalam rangka menekan angka pelanggaran serta fatalitas Laka Lantas di jalan.


Kegiatan tersebut, dilakukan dengan cara memberdayakan fungsi Kamsel Lantas secara optimal, penerangan masyarakat dimedia cetak maupun elektronik, serta pelayanan informasi lalu lintas melalui manajemen media lantas Polda Maluku, sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat penguna jalan.


Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, maka operasi ini dilaksanakan dengan mengedepankan giat preemtif dan preventif serta didukung dengan pola Gakkum secara mobile, tidak diperkenankan melaksanakan Gakkum secara stationer.


Gakkum Lantas baik tilang maupun teguran dilaksanakan secara selektif prioritas pada 7 pelanggaran, berupa :


  • Pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara.


  • Pengemudi atau pengendara ranmor yang masih dibawah umur.


  • Pengemudi atau pengendara ranmor yang berboncengan lebih dari 1 orang.


  • Pengemudi atau pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm SNI dan yang tidak menggunakan sabuk keselamatan.


  • Pengemudi atau pengendara ranmor dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol.


  • Pengemudi atau pengendara ranmor yang mengemudi lebih dari batas kecepatan yang ditentukan.


Sehingga dari kegiatan tersebut, maka akan dicapai target yang diinginkan, yaitu meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, terciptanya situasi Kamseltibcar Lantas secara optimal, terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dengan citra tertib masyarakat dalam berlalu lintas, sebagai cipta kondisi dalam rangka hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022.


"Akhirnya dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, saya mengucapkan 'Selamat Melaksanakan Tugas Operasi Kepolisian Dengan Sandi, "Patuh Salawaku 2022", dan semoga Allah SWT, selalu memberikan petunjuk dan bimbingannya kepada kita sekalian, dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara," tutup Kapolres KepTan, AKBP Umar Wijaya, S.I.K.


Selama giat berjalan situasi aman dan lancar. (Ali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar