Tingkatkan Kemampuan, Satuan Samapta Polres Baubau Gelar Latihan Pengendalian Massa - TV BERITA INDONESIA

Akurat Terpercaya dan Inspiratif

BREAKING NEWS

Kamis, 15 September 2022

Tingkatkan Kemampuan, Satuan Samapta Polres Baubau Gelar Latihan Pengendalian Massa

Baubau, Tv Berita Indonesia - Personil Satuan Samapta Polres Baubau melaksanakan kegiatan Latihan Pengendalian Massa (Dalmas) di Halaman Mapolres Baubau, Rabu (14/9/2022).


Untuk meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan personilnya, Satuan Samapta Polres Baubau Polda Sultra, melaksanakan kegiatan Latihan Pengendalian Massa (Dalmas).


Latihan Dalmas, diikuti sekitar 191 personil yang terdiri dari Tim Negosiator, Dalmas Awal, Dalmas Lanjut, Regu Penembak, Petugas APAR, Tim Raimas dan Tim Dokumentasi.


Adapun Pelatih dalam Latihan Dalmas ini, yaitu Kasat Samapta Polres Baubau, AKP Laode Maktubu dan dipantau langsung oleh Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo, S.I.K dan Kabag Ops Polres Baubau, Kompol Suriadin, S.Sos.


Personil Gabungan Polres Baubau diberikan Latihan dengan materi Tahapan Situasi Penanganan Unjuk Rasa yaitu Situasi Hijau, situasi Kuning dan Situasi Merah.


Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo, S.I.K melalui Kasat Sampta Polres Baubau, AKP Laode Maktubu, mengatakan pelatihan pengendalian massa ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan personil, serta kesiap siagaan personil dalam menghadapi perkembangan situasi kamtibmas saat dilapangan.


"Jadi latihan Dalmas ini sebagai langkah meningkatkan kemampuan personil Samapta dalam fungsi teknis pengendalian massa serta untuk meningkatkan kesiap siagaan seluruh personil Polres Baubau, apabila dibutuhkan saat terjadi peningkatan eskalasi dalam aksi unjuk rasa," ucap AKp Laode Maktubu.


Ia juga berharap dengan adanya latihan ini seluruh personil baik sebagai DANTIM, DANTON dan PADAL paham peran dan fungsinya tentang tahapan dalam pengendalian massa sehingga tidak terjadi pelanggaran saat pelaksanaan tugas.


Selain untuk meningkatkan keterampilan Latihan Dalmas untuk menjaga kekompakan serta kedisplinan anggota, membentuk mental yang kuat, sehingga pengendalian diri personil Dalmas tetap terkendali. (Ali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar