Polres Pulau Buru Laksanakan Giat Penertiban Tambang Emas Ilegal di PETI Gunung Botak - TV BERITA INDONESIA

Akurat Terpercaya dan Inspiratif

BREAKING NEWS

Kamis, 19 Mei 2022

Polres Pulau Buru Laksanakan Giat Penertiban Tambang Emas Ilegal di PETI Gunung Botak

Maluku, Tv Berita Indonesia - Kepolisian Resor (Polres) Pulau Buru melaksanakan kegiatan penertiban penambangan emas ilegal dilokasi PETI Gunung Botak Desa Persiapan Wamsait, Kecamatan Waelata, Kabupaten Pulau Buru sekira pukul 8:00 s/d 15:40 WIT. Kamis (19/5/2022).


Giat tersebut dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Pulau Buru, AKP Uspril W. Futwembun, S.Sos., M.H.


Kegiatan penertiban ini adalah untuk menghentikan adanya aktifitas penambangan emas ilegal dilokasi tambang emas Gunung Botak.


Selama ini aktifitas penambangan emas lokasi tambang emas Gunung Botak dilakukan oleh masyarakat secara ilegal, sehingga menarik masyarakat luar Kabupaten Pulau Buru untuk bergabung melakukan aktifitas penambangan secara ilegal terebut.


Terkait dengan giat tersebut, Polres Pulau Buru menerbitkan Surat Perintah, dengan Dasar Surat Perintah Kapolres Pulau Buru Nomor : SPRIN/636/V/PAM.3.3./2022 tanggal 19 Mei 2022.


Dalam pelaksanaan giat, seluruh personil melaksanakan apel konsolidasi bertempat dilapangan Apel Polres Pulau Buru yang dipimpin langsung oleh Pasiaga 1 Bag Ops Polres Pulau Buru, IPDA Rifan, S.H.


IPDA Rifan, S.H, menyampaikan beberapa hal, antara lain :

- Kegiatan pengecekan Pers/Pasukan sebelum melakukan penyisiran dan penertiban


- Dalam pelaksanaan tugas agar selalu mengutamakan keselamatan perorangan maupun dalam bentuk Tim


- Dalam pelaksanaan anggota yang terlibat dalam Sprin tidak diperbolehkan melakukan hal yang dapat merugikan masyarakat dan utamakan keselamatan.


Personil yang terlibat dalam menggunakan 2 unit mobil truk.


Sementara itu, Kabag Ops Polres, menyampaikan beberapa hal, diantaranya : 


- Sebelum melakukan pemusnahan tanda maupun barang-barang milik penambang agar dilakukan himbauan kepada para penambang untuk mengosongkan lokasi PETI Gunung Botak


- Gunakan Handphone untuk komunikasi dan dokumentasi pribadi dan jangan ada yang live media sosial terkait kegiatan penyisiran, apabila ada gesekan segera laporkan ke perwira pengendali


- Bahwa dalam pelaksanaan penertiban dibagi 2 Tim lokasi Kali Anahoni, dan lokasi Gunung Botak kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penertiban.


Selama kegiatan berlangsung, situasi aman dan terkendali. (Ali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar