Cegah PMK Pada Hewan, Bhabinkamtibmas Polsek Wahai Laksanakan Giat Sosialisasi dan Edukasi - TV BERITA INDONESIA

Akurat Terpercaya dan Inspiratif

BREAKING NEWS

Sabtu, 16 Juli 2022

Cegah PMK Pada Hewan, Bhabinkamtibmas Polsek Wahai Laksanakan Giat Sosialisasi dan Edukasi

Maluku, Tv Berita Indonesia - Bhabinkamtibmas Polsek Wahai Polres Maluku Tengah Desa Morokay dan Desa Waimusi Kecamatan Seram Utara Timur Kobi Kabupaten Maluku Tengah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan eduaksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Desa Morokay. Sabtu (16/7/2022)


Terkait dengan sosialisasi dan edukasi yang diberikan Bhabinkamtibmas, antara lain menghimbau para peternak untuk tetap tenang dan tidak panik serta menjual hewan ternaknya apabila tertular PMK, guna mencegah penularan namun hewan tersebut diisolasi dan diobati.


Hewan ternak yang tertular PMK dapat disembuhkan. Kemudian, memberikan pemahaman kepada peternak bahwa angka kematian hewan ternak yang tertular PMK sangat kecil yakni dibawah 5% sehingga peternak tidak perlu khawatir.


Dan juga, apabila ada ternak sapi yang menular PMK, Bhabinkamtibmas mengusulkan agar peternak berkoordinasi dengan pihak karantina Kecamatan Seram Utara Kobi supaya bisa mendatangkan Dokter hewan untuk pemeriksaan hewan tersebut.


Serta menyampaikan bahwa tidak semua hewan ternak dapat tertular PMK, namun hewan yang peka terhadap PMK yaitu yang berkuku genap/belah.


Selain itu, mendorong peternak untuk melakukan inspeksi hewan ternaknya secara teratur dan segera melaporkan kepada petugas atau melalui layanan veteriner / Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), apabila menemukan adanya hewan ternak yang tertular PMK dan adanya kematian hewan yang tidak biasa. (Ali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar