Polairud Polda Maluku Patroli dan Pengawasan Sejumlah Kapal Sail To Indonesia Yacht Rally 2022 di Amahusu - TV BERITA INDONESIA

Akurat Terpercaya dan Inspiratif

BREAKING NEWS

Rabu, 03 Agustus 2022

Polairud Polda Maluku Patroli dan Pengawasan Sejumlah Kapal Sail To Indonesia Yacht Rally 2022 di Amahusu

Maluku, Tv Berita Indonesia  - Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Maluku, melakukan patroli dan pengawasan terhadap kapal-kapal Sail To Indonesia Yacht Rally 2022 yang singgah di perairan desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Rabu (3/8/2022).


Patroli dan pengawasan dilakukan menggunakan kapal Rigid Inflatable Boat (RIB) 01. Terdapat sebanyak 18 unit kapal yang menjadi peserta Sail To Indonesia Yacht Rally lepas sauh di perairan Amuhusu.


"Hari ini kami melakukan patroli dan pengawasan terhadap kapal-kapal yang menjadi peserta Sail To Indonesia Rally. Ada 18 kapal yang berasal dari negara Australia, Belanda, Amerika, Jerman, dan New Zeland," kata Direktur Polairud Polda Maluku, Kombes Pol Harun Rosyid.


Ia mengaku situasi terpantau aman, dan tidak ada kegiatan menonjol dari para peserta lomba di lokasi berlabuhnya belasan unit kapal-kapal tersebut.


Selain pengawasan terhadap kegiatan Sail To Indonesia Rally, Rosyid mengaku hal serupa juga dilakukan di sejumlah daerah perairan di Maluku.


"Kita juga lakukan pengawasan di pelabuhan rakyat Dobo, pelabuhan rakyat Tahoku-Seram, pelabuhan perikanan Galala, pelabuhan penyeberangan Fery Tulehu-Masohi," katanya.


Pihaknya, tambah Rosyid, juga mengerahkan tim untuk melakukan pencarian terhadap Mesak Pattikawa, yang hilang di sekitar perairan Tanjung Batu Kapal, Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.


"Kami juga memberikan himbauan kepada ABK maupun nahkoda kapal agar senantiasa memperhatikan cuaca, kesehatan, maupun kelengkapan peralatan keselamatan kapal," jelasnya.


Himbauan untuk melengkapi peralatan keselamatan dalam pelayaran penting disiapkan agar meminimalisir jatuhnya korban saat terjadi kecelakaan laut.


"Kami menghimbau agar nahkoda selalu menyiapkan alat-alat keselamatan di kapal dan memperhatikan cuaca ekstrim yang sering terjadi di wilayah perairan Maluku dan sekitarnya," sebutnya.


Ia berharap, kegiatan patroli dalam hal ini melakukan pengawasan dan himbauan, dapat membuat masyarakat pesisir selalu berhati-hati pada setiap perjalanan menggunakan moda transportasi laut.


"Kami juga memberikan arahan terkait cuaca buruk yang akhir-akhir ini terjadi, memeriksa alat keselamatan, pengecekan life jacket serta memberikan informasi dan pencegahan wabah Covid-19 antara lain cuci tangan dengan bersih, selalu gunakan masker pada saat keluar rumah," tandasnya. (Ali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar