BIN Bina PMI dan Bangun PYCH Dorong Pengembangan Talenta Muda Papua - TV BERITA INDONESIA

Akurat Terpercaya dan Inspiratif

BREAKING NEWS

Minggu, 19 Maret 2023

BIN Bina PMI dan Bangun PYCH Dorong Pengembangan Talenta Muda Papua


Jakarta, tvberitaindonesianews.com - Presiden Joko Widodo akan meresmikan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura. Pembangunan Gedung megah bernuansa adat yang terletak di Kelurahan Wahno Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua itu diinisiasi oleh Papua Muda Inspiratif (PMI) dengan mendapat dukungan dari Badan Intelijen Negara (BIN). 


Pembangunan gedung itu diharapkan menjadi pusat pengembangan diri talenta dan kreativitas para anak muda di Papua.Gedung tersebut diharapkan mampu memajukan kesejahteraan masyarakat melalui generasi muda.


Selain itu, pemanfaatan gedung PYCH juga akan dilakukan sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memaksimalkan hasil alam dan keunikan budaya Bumi Cenderawasih. 


Sekretaris PMI Provinsi Papua, Vitha Faidiban mengatakan gedung PYCH merupakan terobosan baru untuk membantu generasi muda Papua untuk selalu melahirkan kreasi dan inovasi baru.


“Eksistensi gedung PYCH akan bermanfaat bagi para generasi muda Papua akan terbantu untuk mendorong menghasilkan karya dan inovasi untuk kemajuan masyarakat di Tanah Papua,” tutur Vitha.


Untuk diketahui, Badan Intelijen Negara (BIN) bersama Papua Muda Inspiratif (PMI) sukses menjalankan berbagai program dalam rangka meningkatkan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat. Keberhasilan tersebut dibantu dengan adanya Gedung PYCH sebagai pusat pengembangan potensi bagi anak-anak muda papua.


PMI bersama BIN mengembangkan program di bidang pertanian khususnya jagung. Selain pertanian, PMI bersama dengan BIN juga mengembangkan potensi di bidang lain seperti peternakan, kesenian, UMKM, dan Pendidikan.


Khusus di bidang peternakan, antara lain pengembangan Peternakan Ayam Petelur Kab. Jayapura, Peternakan Babi Milik Albert Burwas Kab, Manokwari Papua Barat, Bengkel Sapi PMI distrik Bomberay Kab. Fak–Fak.


Keberadaan PMI dan PYCH menjadi momennya lahirnya  anak muda Papua berpotensi di beragam bidang, dan juga menjadi bukti bahwa inisiatif dari pemuda dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia pada umunya dan masyarakat papua pada khususnya.


Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Port Numbay, Ondoafi George A. Awi menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden Joko Widodo atas pembnagunan PYCH dan segala upaya memajukan masyarakat Papua.


“Atas nama masyarakat Papua, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden atas fasilitas gedung yang megah dan bagus,” ujarnya.


Keberadaan PYCH dan PMI menjadi salah satu upaya BIN untuk mendukung kemajuan generasi muda Papua.


Banyak program yang diselenggarakan PMI, binaan BIN, melalui berbagai kegiatan pengembangan diri, termasuk juga untuk melengkapi keahlian berbisnis, termasuk soft skill lainnya, seperti komunikasi, kepemimpinan, dan dasar-dasar manajemen. Rill/RED

Tidak ada komentar:

Posting Komentar