Jumat Curhat, Bag Ops Polres Baubau Sambangi SMAN 3 dan Dengarkan Keluhan dari Warga Sekolah - TV BERITA INDONESIA

Akurat Terpercaya dan Inspiratif

BREAKING NEWS

Kamis, 02 Maret 2023

Jumat Curhat, Bag Ops Polres Baubau Sambangi SMAN 3 dan Dengarkan Keluhan dari Warga Sekolah


Baubau, tvberitaindonesianews.com - Bag Ops Polres Baubau melaksanakan kegiatan Jumat Curhat yang bertempat di Mesjid SMAN 3 Baubau Kelurahan Lipu Kecamatan Betoambari Kota Baubau, pada Jumat (3/3/2023).


Hadir dalam giat tersebut, diantaranya Kabag Ops Polres Baubau Kompol Suriadin, S.Sos., M.H, Kepala SMAN 3 Baubau Ibu Sitti Yuliana, S.Pd., M.Pd, Wakil Kepala Sekolah SMAN 3 Baubau Drs. Musafiu, Briptu Ld. Riki Hermawan, S.H, para Dewan Guru SMAN 3 Baubau dan para Siswa-siswi SMAN 3 Baubau.


Dalam giat tersebut, Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk, S.H., S.I.K., M.Si melalui Kabag Ops Polres Baubau Kompol Suriadin, S.Sos., M.H mengatakan, dengan adanya kegiatan Jumat Curhat ini, Bag Ops Polres Baubau bisa menampung setiap aspirasi, keluhan, curhatan, dna informasi dari para siswa-siswi dan para guru SMAN 3 Baubau yang kemudian kita tampung curhatannya untuk kita tindak lanjuti.


"Bahwa kegiatan Jumat Curhat ini, selain menampung curhatan atau aspirasi dari para guru dan siswa-siswi juga untuk mendekatkan diri Polri kepada masyarakat, terkhusus dilingkungan SMAN 3 Baubau kepada guru dan siswa-siswi untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif diwilayah hukum Polres Baubau," ujar Kompol Suriadin.


Sebelum mendengarkan curhatan dari para guru dan siswa-siswi acara diawali dengan Yasinan dan doa bersama selanjutnya mendengarkan langsung curhatan, keluhan dan aspirasi dari para guru dan siswa-siswi SMAN 3 Baubau, diantaranya bagaimana langkah-langkah Polres Baubau dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dimasyarakat, apa syarat untuk menjadi anggota Polri, bagaimana cara penyelesaian pihak Kepolisian dalam menanggulangi tawuran antar sekolah dan bagaimana cara mencegah penyalahgunaan narkoba dikalangan sekolah, serta apa peran penting pihak Kepolisian dalam lingkungan sekolah.


Menanggapi hal tersebut, Kabag Ops Polres menyampaikan, bahwa adapun langkah-langkah dalam penyelesaian yang ada dalam masyarakat, yaitu kehadiran Kepolisian ditengah masyarakat yang paling utama, pelaksanaan kegiatan rutin dari Kepolisian dilingkungan masyarakat seperti patroli, sambang dan pelayanan, memberikan pelayanan, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan menerima aduan dan laporan dari masyarakat yang ingin mneyampaikan permasalahannya, melakukan pemeyelesaian masalah dengan mengedepankan humanis dan prinsip kemanusiaan, melakukan penegakan hukum yang terukur dan sesuai peraturan yang ada.


Lanjutnya, syarat untuk menjadi anggota Polri antara lain siapkan fisik dan mental, latihan secara berkala dan niat, asah ilmu pengetahuan, jangan lupa berdoa, harus bersungguh-sungguh, cara penanggulangan tawuran antar sekolah, antara lain melakukan patroli disekolah-sekolah, memberikan himbauan secara humanis kepada para siswa-siswi, memberikan edukasi kepada para siswa-siswi tentang akibat dari tawuran antar pelajar, bekerja sama dengan Kepala Sekolah untuk memberikan arahan agar para siswa-siswi tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri dan orag lain.


Serta mencegah penyalahgunaan narkoba antara lain memberikan edukasi tentang akibat dan kerugian bila memakai narkoba, melakukan sambang kepada guru dan orang tua agar mengawasi muridnya, melakukan razia bila ada informasi terkait penggunaan narkoba.


Selanjutnya, pihak Kepolisian berperan penting dilingkungan sekolah, dengan adanya kehadiran Polisi akan memberikan shock terapy kepada para pelajar yang akan melakukan tindakan diluar batas.


Pihak Kepolisian juga berperan sebagai guru karena dapat memberikan edukasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dan hal-hal yang harus dilakukan dan hal-hal yang harus dijauhi.


Kepolisian memberikan pelayanan prima dilingkungan sekolah, seperti bagaimana cara membuat SKCK dan SIM serta bagaimana cara berkendara dijalan dengan baik dan benar.


Kabag Ops Polres juga memberikan pesan kamtibmas kepada siswa-siswi, utamanya untuk tidak melakukan tawuran antar pelajar agar Kota Baubau yang kita cintai ini selalu dalam situasi yang aman dan kondusif.


Disamping Bag Ops Polres Baubau melakukan kegiatan Jumat Curhat, juga masing-masing para Kabag, para Kasat dan para Kapolsek Jajaran Polres Baubau juga melaksanakan kegiatan Jumat Curhat diwilayahnya masing-masing.


Hal ini agar semua keluhan, curhatan dan informasi dari semua masyarakat dalam wilayah hukum Polres Baubau dapat terkafer dan segera bisa ditindak lanjuti oleh Polres Baubau. (Ali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar