Polres Kepulauan Tanimbar Lakukan Apel Kesiapan Personil Dalam Rangka Operasi Keselamatan Siwalima Tahun 2022 - TV BERITA INDONESIA

Akurat Terpercaya dan Inspiratif

BREAKING NEWS

Selasa, 01 Maret 2022

Polres Kepulauan Tanimbar Lakukan Apel Kesiapan Personil Dalam Rangka Operasi Keselamatan Siwalima Tahun 2022

Wartawan : Alihasan

Maluku, Tv Berita Indonesia -  Personil Polres Kepulauan Tanimbar melaksanakan kegiatan apel kesiapan dalam rangka operasi keselamatan Siwalima tahun 2022.


Tempat kegiatan tersebut bertempat di lapangan Apel Mako Polres Kepulauan Tanimbar sekira pukul 08.00 WIT. Selasa (1/3/2022).


Adapun pasukan upacara antara lain yang bertindak sebagai Komandan Upacara juga selaku Inspektur Upacara Bapak Kapolres Kepulauan Tanimbar, AKBP Romi Agusriansyah, S.I.K, yang bertindak sebagai perwira apel, Kasat Lantas IPTU D.Fenanlampir, yang bertindak sebagai Komandan Apel, Kanit Regident Sat Lantas, IPDA F.B. Hulkyawar, S.H dan pasukan yag hadir, 1 SST Sat Samapta, 1 SST  Sat Polairud, 1 SST Sat Lantas, 1 SST Gabungan Staf, 2 SST Intel, Reskrim dan Narkoba.


Kapolres Kepulauan Tanimbar, AKBP Romi Agusriansyah, dalam amanatnya membacakan arahan Kapolda Maluku pada operasi kewilayahan keselamatan Siwalima 2022 antara lain operasi kepolisian dengan sandi keselamatan Siwalima 2022 dalam rangka cipta kondisi keamanan, keselamatan dan ketertiban lalu lintas menjelang bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1443 H.


Lanjut Kapolres, permasalahan dibidang lalu lintas semakin berkembang pesat dan dinamis hal ini  sebagai konsekuensi meningkatnya populasi penduduk dan jumlah kendaraan bermotor yang dibutuhkan dalam mobilitas sehari-hari.


"Dimasa pandemi yang juga merupakan permasalahan ini perlu ditangani secara profesional dan komprehensif sehingga dapat terwujudnya kenormalan baru seperti yang diharapkan. Untuk itu diperlukan peran serta setiap stakeholder dalam mengkampanyekan protokol kesehatan dan tata tertib berlalu lintas," pungkas Kapolres.


Lanjut Romi, mengatakan ditetapkannya kalender operasional kepolisian dengan Sandi Keselamatan Siwalima 2022 ini dalam rangka meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas yang dilaksanakan melalui pendekatan preemitif dan prefentive terutama dalam menekan penularan Covid-19 dijalan.


Hal ini dilakukan dengan meningkatkan keamanan dan keselamatan lalu lintas secara optimal penerangan masyarakat di media cetak maupun elektronik serta pelayanan informasi tentang lalu lintas melalui manajemen media Ditlantas Polda Maluku sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat pengguna jalan.

Operasi kepolisian dengan sandi keselamatan Siwalima 2022 ini akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 1  Maret s/d 14 Maret 2022.


Kapolres juga menambahkan, lakukan deteksi dini atau pemetaan terhadap lokasi yang menjadi rawan terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas serta lokasi yang dianggap rawan penyebaran Covid-19.


Beberapa poin yang disampaikan oleh Kapolres adalah : 


- Laksanakan pembinaan kepada masyarakat tentang Kamseltibcar Lantas dan bahaya penyebaran Covid-19 melalui kegiatan sosialisasi.


- Laksanakan edukasi dan penerangan serta membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas dan mematuhi protol kesehatan.


- Laksanakan penindakan terhadap 7 pelanggaran prioritas yakni pengemudi kendaraan bermotor yang menggunakan hp, pengendara dibawah umur, pengendara yang berboncengan lebih dari 3 orang, pengendara yang tidak menggunakan helm yang tidak berlabel SNI, pengemudi ranmor dalam pengaruh alkohol melawan arus lalu lintas dan mengemudi secara ugal-ugalan dan tidak menggunakan safety belt.


"Dalam rangka cipta kondisi menjelang pelaksanaan MTQ dimana Tanimbar selaku tuan rumah, sehingga penertiban lalu lintas harus benar-benar ditunjukkan karena lalu lintas merupakan cermin peradaban masyarakat di suatu wilayah," tutup Kapolres.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar